Gejala Awal Diabetes Melitus atau Kencing Manis

Diabetes masih menjadi momok menakutkan yang banyak menyerang masyarakat tanah air. Penyakit ini menyerang tanpa pandang bulu, baik itu miskin atau kaya, tua ataupun muda semuanya berisiko terkena diabetes. Oleh sebab itu, mulai sekarang kamu harus lebih waspada agar tak terserang penyakit satu ini.

Orang bilang mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. Kata pepatah ini sangatlah pas untuk diabetes, sebab penyakit ini belum ada obatnya hingga sekarang. Sebagai penderita kita hanya bisa mengontrol gula agar tidak naik. Karena bila naik akan menyebabkan komplikasi yang cukup berbahaya. Berikut beberapa gejala diabetes melitus yang patut untuk kamu waspadai.

Gejala diabetes
Gejala penyakit diabetes melitus atau kencing manis

Gejala Awal Diabetes Melitus Tipe 2 yang Wajib Kamu Tahu

Ngantuk, lesu, dan pusing

Gejala diabetes pertama ini hampir diderita oleh semuanya. Munculnya rasa ngantuk, lesu, dan pusing berlebihan bisa menjadi tanda kalau kamu terserang kencing manis. Kondisi ini disebabkan karena glukosa tidak diolah menjadi energi oleh insulin secara optimal. Kamu pun akan mengalami badmood.

Penglihatan menjadi kabur

Selanjutnya adalah penglihatan mata yang mejadi kabur. Nah kaburnya penglihatan ini disebabkan karena gula tinggi menghalangi jalannya saraf mata. Bila berangsur lama maka akan menyebabkan kebutaan. Gilak kan?

Namun kamu tak perlu cemas, karena kebutaan tersebut bersifat sementara. Seiring dengan turunnya kadar gula darah maka mata akan kembali seperti biasanya. Oleh sebab itu, ada baiknya turunkan gula sebisa mungkin.

Lapar dan haus yang berlebihan

Meskipun kamu banyak makan dan minum namun lapar dan haus akibat diabetes tidak akan tertahankan lagi. Minimnya kalori yang diolah menjadi energi jadi pemicu munculnya kondisi semacam ini. Itulah beberapa gejala diabetes melitus yang patut untuk kamu waspadai. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply